RSS Feeds

11.5.09

Windos XP in HP 530

Downgrade Wndows Vista to Windos XP in Notebook HP 530

PERHATIAN: semua yg dilakukan dapat menggagalkan garansi yg terdapat di laptop/notebook yg akan di praktekan, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yg anda lakukan. saya harap anda tahu apa yg anda lakukan

Salah satu topik yang paling populer di antara pembaca adalah menginstal Windows XP di komputer baru Windows Vista - kadang-kadang untuk alasan kompatibilitas, tetapi itu juga karena banyak orang tidak suka Vista sangat banyak

Masalahnya, muncul bila kita mulai menginstal WINXP mendapatkan pesan "Setup tidak menemukan hard disk drive yang terpasang di komputer Anda". Kesalahan ini terjadi karena komputer Anda yang baru memiliki storage controller yang tidak didukung didalam XP, yang biasanya disebut SATA (Serial ATA) controller.


Jika Anda tidak memiliki floppy drive di komputer Anda, maka Anda harus menggunakan suatu proses yang disebut slip-streaming untuk penyimpanan driver ke dalam CD instalasi XP.

Membuat Custom XP Installer

Kami akan menggunakan software bernama nLite untuk membuat cd instal XP baru, sehingga Anda harus terlebih dahulu men-download dan menginstalnya. Setelah mulai, Anda akan diminta untuk instalasi Windows Anda, lalu klik tombol Browse.


Pertama anda akan diminta untuk "instalasi Windows", yang berarti dimana anda menyimpan WINXP CD. Setelah anda menemukan sumber insataller CD WINXP, kemudian klik OK untuk melanjutkan proses berikutnya.


Selanjutnya Anda akan diminta dimana tempat Anda ingin menyimpan file sementara yang digunakan selama proses slip-streaming. tetapi Anda bisa menempatkannya di manapun Anda suka. Saya hanya menyarankan untuk menggunakan direktori baru.


nLite akan menyalin semua file yang diperlukan untuk instalasi WINXP ke folder sementara. Ketika selesai, Anda akan melihat semua informasi pada versi WINXP tersebut.



Tekan tombol berikutnya sampai Anda melihat gambar dibawah ini, Anda dapat memilih opsi apa yang Anda inginkan. Pilih "Driver" dan kemudian "bootable ISO".


Tekan tombol berikutnya, sampai Anda di minta untuk memilih driver. Jika anda mengklik tombol Insert, Anda dapat memilih antara menambahkan satu driver atau menambahkan folder driver. Karena kita hanya akan memuat satu driver, klik tombol Singel driver.



Browse ke direktori dimana anda file driver diekstrak, kemudian pilih Buka. Dicatat bahwa tidak masalah *. Inf file yang Anda pilih, karena akan memilih semua file dalam folder tersebut.


nLite akan meminta Anda untuk memilih driver. Jika anda tidak tahu persis yang satu ini, Anda bisa menggunakan Device Manager pada Vista untuk menemukan model yang tepat, atau anda dapat memilih semuanya. Hanya berhati-hati untuk tidak memilih driver 64-bit jika anda menggunakan 32-bit, atau versi yang salah OS.


Saya merekomendasikan memasukan kedua driver yaitu storage dan network, karena driver tersebut biasanya tidak terdapat pada driver-driver didalam WINXP.


Setelah melanjutkan ke tahap berikutnya. Anda dapat memilih untuk langsung membakar cd di sini, atau anda dapat memilih Create Image untuk membuat file ISO yang dapat dibakar ke CD dengan menggunakan software pembakaran apa yang anda miliki (nero,burn at once dan lain-lain). Recommended burn with burn at once

Catatan: Jika anda memilih untuk menciptakan sebuah ISO, pastikan untuk menggunakan "Make ISO" sebelum Anda mengklik tombol Next.



Selesai Anda dapat membakar ISO image ke CD, dan kemudian memulai proses instalasi XP.

artikel ini hasil transalate menggunakan GOOGLE TRANSALTE di sadur dari sini

For My Webmaster you will need driver for HP 530:
* Here are informations about Vista backup
* sata driver for your HP 530 download Here
* All drivers for XP to your HP530 you can download Here

8 komentar:

  1. hi nice blog i like it good job we can all use some help i hope you follow my blog to.

    BalasHapus
  2. Artikel yg bagus.
    ntar klo laptop gw da ng-hank, tak cobain ni.

    BalasHapus
  3. wah keren infonya sob!! mantap deh!!!

    BalasHapus
  4. Boleh juga di coba nih

    BalasHapus
  5. Canggih bro.. aku juga mengalami hal yang sama seminggu kemaren pas nginstalin xp di laptop kawan. Thanks infonya mas Irul.

    BalasHapus
  6. thanks for all you're comment

    BalasHapus
  7. Betul sob..kalo di bios sudah di ubah jadi PATA emulated atau IDE mode dan masih ga mempan, pake deh jurus nlite..

    BalasHapus